Friday, June 21, 2013

Kecanduan Makan ?

" Diet itu caranya mudah , melakukan itu lebih sulit. Lebih sulit lagi mengalahkan kecanduan makan"
Pernahkan anda bangun pagi hari dan berkata pada diri sendiri, bahwa hari ini lebih baik dari kemarin. Anda akan makan makanan yang lebih "bersih" (bukan gorengan, bukan berlemak, bukan camilan), dan makan makanan yang lebih bernutrisi untuk hari itu ?
Anda sarapan sehat, makan sereal / nasi dan lauk dari catering dan segelas susu segar. Dan berangkat kerja dengan tersenyum.
Tetapi saat jam 10 an, tidak tahu dari mana, anda sudah memegang wafer/snack. Tidak berapa lama kemudian jam 12.30  saatnya makan siang, anda merasa sangat lapar dan makan banyak serta minum manis (baik softdrink / es campur / es teh).
Setelah semua itu selesai, anda pun berpikir : Mengapa saya makan ? bahkan banyak ? kemana semangat hidup sehat saya pagi tadi? Kemana keinginan untuk disiplin saat bangun tadi pagi ?
Bukan hanya anda saja yang mengalami.Jutaan orang juga mengalami hal yang sama.
Otak anda mengalami kecanduan makanan. Anda mungkin tidak mengakui bahwa anda kecanduan. Mungkin anda hanya bilang, saya hanya ingin yang gurih dan manis (tapi sering).
Kecanduan makan adalah hal yang nyata. Kecanduan ini ada pada banyak orang dan parahnya lagi, perusahaan makanan membuat sebisa mungkin makanan yang mereka hasilkan membuat orang kecanduan. Kecanduan makan ini dipicu oleh kecanduan rasa "enak" dari gabungan garam, gula, dan gurih. Makanan ini dirancang supaya anda semakin makan, makan dan makan. Contoh yang mudah, hampir semua orang suka mie instan. Mie instan dibuat sedemikian rupa sehingga baik dewasa bahkan anak-anak pun kecanduan. Kalau tidak makan mie instan, rasanya tidak lengkap.
Berikut ini beberapa cara untuk mengalahkan otak anda dari kecanduan makan ini : 

No comments:

Post a Comment