Friday, June 21, 2013

Adakah Cara Turun Berat Badan Cepat Jika Metabolisme saya Lambat ?

Sering kita dengar saat anda menjadi overweight, maka yang disalahkan adalah metabolisme yang lambat? Benarkah ?

Metabolisme setiap orang berbeda untuk setiap orang
Saat diet dengan memotong pasokan kalori harian serta sudah olahraga teratur, tetapi tidak turun berat badan juga. Satu-satunya diagnosis adalah - karena metabolisme yang lambat !
Apa sih metabolisme lambat itu? Apa pengaruhnya bagi ... read more ...

Apa sih metabolisme itu ?

Metabolisme bisa dipercepat
Metabolisme bisa dipercepat
Metabolisme dijelaskan sebagai proses dikimia di dalam tubuh untuk membuat anda tetap hidup dan organ tetap berfungsi normal, seperti untuk proses pernafasan, perbaikan sel, dan proses pencernakan.
Proses kimia ini membutuhkan energi. Minimum energi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjalankan proses kimia dalam tubuh ini disebut sebagai BMR (Basal Metabolic Rate)
Nilai BMR anda berada pada angka antara 50% dan 80% dari kebutuhan harian anda yang mana tergantung dari seberapa aktif anda. "Metabolisme yang Lambat" sebenarnya yang benar adalah nilai yang rendah dari BMR anda. Anda bisa menghitung BMR anda di sini

Apakah pada beberapa orang ada yang mempunyai metabolieme yang lebih cepat dibanding yang lain?

Ukuran tubuh, umur, jenis kelamin dan genetika - kesemuanya ini memainkan peranan yang penting untuk menentukan nilai mebabolic anda.
Sel otot membutuhkan lebih banyak energi dibanding dengan  ... read more...
Kalori yang dibutuhan 
Rata-rata pria memerlukan  kalori 2500 kkal/hari (kilo kalori, bukan kalori !). Untuk rata-rata wanita, memerlukan sekitar 2000 kkalori/hari. Angka ini adalah angka rata-rata, sedang jumlah pastinya tergantung dari umur, serta banyak tidaknya seseorang bergerak.
Selain itu Metabolisme Anda bisa jadi ditentukan oleh GENETIKA anda, meskipun hal ini belum sepenuhnya dimengerti.  Genetika berperan penting dengan banyaknya jumlah sel otot serta ukuran sel otot dan kemampuan tubuh untuk membentuk otot. Hal - hal ini memberi efek yang sangat penting bagi metabolisme anda.
Saya Gemuk Apakah karena Metabolisme yang Lambat ?
Anda yang sedang diet mati-matian serinya menyalahkan metabolisme yang lambat !. Penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang overweight sebenarnya :
  • mempunyai metabolisme yang besar dibanding dengan orang yang lebih kurus, hal ini karena mereka mempunyai tubuh yang besar.Dimana tubuh yang besar otomatis juga mempunyai otot yang besar.
Peneliti juga menunjukkan bahwa mereka yang obesitas lebih ... read more ...

Penelitian mununjukkan, bahwa Saat Anda Over Weight BUKAN karena metabolisme anda yang lambat, TETAPI karena Anda Makan Terlalu Banyak. Mungkin anda bilang  " Ah tidak, saya hanya makan sedikit"
Apapun alasan anda, kalori yang masuk tubuh anda jumlahnya lebih besar dibanding dengan kebutuhan kalori harian anda. Sehingga jika anda ingin turun berat badan, KUNCI nya adalah dengan Mengendalikan Kalori dari makanan dan minuman yang anda makan !

Dapatkah Turun Berat Badan Cepat Jika Metabolisme saya Lambat ?
Dapat, Diet dengan mengurangi kalori yang anda dapat dari makanan dan minuman, bisa menurunkan  Berat badan anda. Dengan diet ini, tubuh anda akan memaksa sel otot untuk menggunakan ... read more ...

Diet Tanpa Olahraga 
Sebagian besar orang, cara termudah untuk diet adalah membatasi kalori dari makanan dan minuman dan TANPA OLAHRAGA.
Memang, berat badan anda bisa turun drastis. Dengan diet Herbalife anda bisa turun 3 kg - 50 kg ( Ini Fakta !). Tetapi tahukah anda, saat anda diet, disamping sel lemak anda hilang, massa otot anda juga menghilang. Saat mulai diet dan saat berhenti diet (dimana berat badan anda sudah tercapai) umur anda pun pasti bertambah. Ingat, pada orang dengan metabolisme besar, turun berat badan puluhan kg bisa dalam waktu dibawah 6 bulan, tetapi untuk anda akan lebih lama untuk wanita diatas 27 tahun dan pria diatas 30 tahun. Semakin bertambah umur semakin lambat metabolisme. 
Tapi ... Saat anda berhenti diet (misalnya diet Herbalife) jika pola makan anda kembali seperti dulu, maka kelebihan kalori akan semakin mudah disimpan menjadi lemak, karena saat anda berhenti diet tentunya umur anda juga lebih tua dibanding saat mulai diet (tidak perduli berapa waktunya, semakin bertambah umur anda, semakin lambat metabolisme).
Sehingga saat anda kembali gemuk, ... read more ...

Olahraga dengan Interval Pendek tapi Kuat
Olahraga dengan waktu pendek, dan dengan intensitas tinggi, seperti mengayuh sepeda dengan sprint di jalan yang menanjak,  akan mempercepat metabolisme. Latihan yang kuat... read more ...

Makan Protein
Seperti sudah dijelaskan diatas, untuk menambah massa otot, setelah otot "rusak", anda butuh tidur dan nutrisi. Nutrisi ini harus dalam bentuk protein. Protein lebih ... read more ...

Dapatkah kondisi medis seseorang menyebabkan pelambatan metabolisme ?

Ya. Beberapa kondisi medis bisa memperlambat metabolisme seseorang. Seperti Cushing syndrome dan hypothyroidism. Tetapi kondisi medis ini sangat jarang. Yang lebih banyak adalah - orang gemuk karena makan kalori yang terlalu banyak, tetapi tidak menyadari. Kalori banyak TIDAK IDENTIK dengan kenyang. ... read more ...

No comments:

Post a Comment